Mengapa Jilbab Pada Lukisan Bunda Maria Berlafazh Tauhid “Laa Ilaa ha Illallah”




Di buku 99 Cahaya langit, dikisahkan Hanum Rais berkunjung ke museum Louvre. Hanum ditemani oleh penduduk lokal, Marion Latimer. Marion seorang mualaf dan bekerja di Arab World Institute Paris. Pengetahuan Marion akan peninggalan Islam di Eropa sungguh dalam. Dan karenanya, di museum Marion mengajak Hanum untuk melihat lukisan Bunda Maria (Virgin and the Child karya Ugolino Di Nerio).


Pada jilbab Bunda Maria (Virgin and the Child karya Ugolino Di Nerio) ternyata ada kalimat tauhid, “Laa Ilaa ha Illallah”. Bukan hanya lukisan Bunda Maria yang ditunjukan Marion saja yang terdapat kalimat tauhid, Tetapi ada dibanyak karya seni kristen pada abad pertengahan, jaman renaissance eropa (R10 menyebutnya jaman kelahiran kembali bangsa eropa dari kegelapan).

Pada masa itu, pengaruh Islam terhadap bangsa Eropa sangat kuat. Produk terbaik datang dari dunia muslim. Aneka produk diimpor, seperti kain sutera, keramik, permadani, dan sebagainya. Raja-raja eropa menyukai souvenir-souvenir dari wilayah Islam. Pada barang-barang tersebut sering dijumpai inskripsi bertuliskan arab, seperti bertuliskan kalimat tauhid.


Para seniman eropa lantas terpengaruh keindahan dari tulisan arab, mereka mencoba memasukan kaligrafi ke dalam karya seni mereka. Mereka juga ingin menunjukan bila dunia kristen pun juga dapat terlihat "kaya dan makmur". Sehingga mereka membuat "imitasi" dari tulisan arab.

Pseudo-Kufic
Tiruan dari tulisan inskripsi arab disebut Pseudo-Kufic. Dan pada jaman renaissance, lukisan Bunda Maria merupakan salah satu lukisan favorit para seniman. Tak heran bila pada jilbab Bunda Maria akhirnya terdapat tulisan Pseudo-Kufic yang disadari atau tidak, para seniman tersebut mencoba meniru tulisan kalimat tauhid.

Sehingga itulah asal mula jilbab Bunda Maria berlafazh tauhid.
fantastic four boys
fantastic four boys We are fantastic 4boys . - @officialbayu10 - @khairi_habib - @fajarrahman89 - @NoufalBalya

13 comments for "Mengapa Jilbab Pada Lukisan Bunda Maria Berlafazh Tauhid “Laa Ilaa ha Illallah”"

Padi Komputer said…
subhanallah, mari kita kembalikan kejayaan islam..!
Anonymous said…
Wah keren gan, ane baru tauuu
Unknown said…
subhanallah allahu akbar
Anonymous said…
nice post gan
encup said…
nice share gan...
memang kebesaran allah tiada tara...

kunjungan baliknya di tunggu :)
Anonymous said…
ya memang dari dulu gan,bukan jilbanya saja tapi sanubarinya sudah terpatri kalimat itu.
Unknown said…
Islam memang menakjubkan dan tidak terduga
benar gan islam memang luar biasa
Anonymous said…
hoaem, emang enak onani spritual
Unknown said…
lo aja sana onani
budidaya kenari said…
menambah wawasan,,,good post